How To : Maintain SHOW CAR appearance Meguiar’s Style!!!

Meguiar’s Wash & Wax untuk perawatan kendaraan anda!!! Just like Meguiar’s said and my favorite quote : “Frequent Car Care is Easy Car Care!”


BMW 325 CI – Michael H – Jakarta

Untuk perawatan mudah dan simple dan berdampak besar pada tampilan kendaraan anda terutama dari segi kilau dan kebersihan mobil sebenarnya hanya dengan langkah mudah, yaitu melakukan proses cuci mobil secara benar dan perawatan (maintain) dengan menggunakan detailer (setiap minggu) dan wax (setiap bulan)

Wash & Wax

Produk yang diperlukan :

  • Gold Class Car Wash / NXT Car Wash
  • Microfiber Wash Mitt
  • Microfiber Chamois
  • Microfiber Waffle Weave
  • Cleaner Wax / Color X / Ultimate Quik Wax
  • Ultimate Quik Detailer
  • Applicator Pad
  • Supreme Shine Microfiber
  • Endurance / Hot Shine Tire Gel


How To Wash (1-3 hari 1x):

  • Isi ember A dengan air sebanyak setengah ember, tuangkan 2-3 tutup botol Car Wash kedalam ember tersebut, kemudian aduk dengan Wash Mitt. Isi ember B dengan air sampai penuh, ember B berfungsi untuk melakukan proses pembilasan Wash Mitt.
  • Apabila perlu, bersihkan Ban dan Fender terlebih dahulu dari Lumpur yang menempel.
  • Lanjutkan dengan membasahi seluruh permukaan mobil, dimulai dari Bodi bagian atas sampai Bodi bagian bawah. PERHATIAN : Jangan membilas Lumpur/ Debu yang menempel di bodi mobil dengan menggunakan Kanebo atau Tangan kosong, hal tersebut dapat menimbulkan baret.
  • Untuk Proses Shampoo, kita bagi mobil menjadi 4 bagian :

Pencucian dimulai dari Bagian I (atap & kaca), setiap menyelesaikan 1 bagian atau hendak mengambil larutan Shampoo, bilas Wash Mitt di ember B, setelah itu baru ambil larutan Shampoo kembali di ember A. Setelah itu lanjut ke Bagian II (kap mesin), Bagian III ( bodi bagian atas), dan Bagian IV (bodi bagian bawah), bagian ini adalah bagian terkotor dan paling banyak terkena Lumpur, jadi kerjakan bagian ini terakhir!😎

  • Setelah mobil selesai diaplikasikan Shampoo, bilas mobil. Setelah mobil bersih dari Shampoo, gunakan Teknik Water Sheeting, yaitu dengan mengalir kan air tidak bertekanan mulai dari atas mobil kebawah. Tujuannya untuk menghilangkan air yang menempel di permukaan mobil.
  • Keringkan mobil dengan Microfiber Chamois / Water Magnet
  • Aplikasikan Ultimate Quik Detailer ke Bodi dan Kaca mobil. Gunakan teknik Spray & Wipe per bidang mobil.
  • Aplikasikan Tire Gel dengan menggunakan applicator pad.
  • Enjoy the clean and shine with a cup of black coffee :smt025

Important Note :

Quote Originally Posted by buat andi
kalo mobil gede,setelah samphoo per panel bisa di bilas terlebih dahulu,kalo mobil gede bisany lebih cepet kering duluan samphony kalo kita 1 mbl sampho baru di biles


Thanks Ndi

Quote Originally Posted by batmobile
Car Crazy Car washing tips from Batmobile😮😮

1. Ketika proses mencuci gunakan gayung / wadah ketika membawa wash mitt keluar dari Ember Shampoo menuju body mobil.

Tujuan : karena ketika kita angkat wash mitt dari ember, banyak jumlah air yang jatuh ke lantai sebelum sampe ke body mobil. Saya menggunakan kotak eskrim bekas 1 liter, jadi air yang turun dari wash mitt tertampung selama perjalanan menuju body mobil. Dan ketika “mengelus-elus” body mobil, saya siram siram lagi tuh pake air shampoo yang di tempat es krim tadi.. Hemat Air Shampoo dan wash mitt serta body mobil jadi bisa tetep basah ketika membersihkan kotoran di body mobil..


2. Bagi yang memiliki Pressure washer semacam Karcher atau Nilfisk atau merk lain yang bisa semprot shampoo terlebih dahulu sebelum proses mencuci dgn wash mitt + shampoo + 2 bucket system:

Contoh: Ketika mobil sangat kotor sekali dengan banyak kotoran tanah, semprotkan terlebih dahulu air shampoo yang bisa disedot dari selang kecil (Karcher) klo Nilfisk ada foam gun nya. Campurannya 1 cap shampoo ke dalam botol air mineral bekas / botol minum sejumlah air 500 – 700 ml.


Tujuan: Agar kotoran tanah dll itu uda agak lembek dahulu dan mudah dibersihkan. Saya test sendiri sih, memang klo shampoo disemprot dulu sebelum proses cuci biasa jadi lebih mudah membersihkannya. Ini seperti prinsip cuci snow wash, di mana shampoo di semprot ke body mobil agar melarutkan kotoran terlebih dahulu sebelum digosok.. Kelemahan sistem snow wash di bengkel-bengkel cuci pada umumnya ialah, mereka masi menggunakan spons biasa serta main gosok aja berbagai arah sebody mobil. Harusnya gunakan wash mitt dan seperti dijelaskan di atas, yaitu dari atas ke bawah dan dibagi per panel bersihkan wash mitt nya di ember air bersih dengan grit guard…

3. Mengeringkan dapat menggunakan teknik blotting atau dragging. Dan lap terpisah (murah) buat sela sela pintu yang kotor kotor gitu hehhe


Thanks Hartley!


Quote Originally Posted by 910privatemove
BTW, kalau boleh nambahin, sebaiknya untuk pencucian sediakan aplikator (Sponge/Wash Mitt) 2 pieces, 1 aplikator untuk pencucian bagian atas (I-III), 1 lagi untuk panel bagian bawah (IV). Agar tidak ada debris yang mengendap di aplikator ini yang bisa mengakibatkan scratch di pencucian selanjutnya. better to prevent than to cure.

Thanks Gio!

Video : How to Wash Show Car Style! —-> WATCH THIS!!!



Daihatsu Xenia – Ari Zigizou – Jakarta

How To Quik Waxing (1-2 minggu 1x) :

  • Cucilah mobil terlebih dahulu, keringkan.
  • Semprotkan Quik Wax per Panel lalu lap dengan Microfiber

How To Wax (1-2 bulan 1x):

  • Cucilah mobil terlebih dahulu, keringkan.
  • Tuang Wax ke Applicator pad (sebesar koin Rp.100) ratakan ke panel mobil, tidak perlu tebal, tapi tipis secara merata.
  • Aplikasikan ke seluruh panel mobil
  • Setelah seluruh panel selesai, kembalilah ke panel pertama, hapus (buff) wax yang telah kering dengan menggunakan Supreme Shine Microfiber.
  • Lakukan di tempat yang teduh.




Honda CRV – Grandy – Karawang JaBar

Enjoy your show car shine!!! :cool::cool::cool:

Note : Seluruh mobil diatas punya modcomers juga lhoo :cool::p

Autor :

Daniel S
“Work Smarter Not Harder, use Meguiar’s!”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s