Kerberhasilan Implementasi Sistem TI

CO-016-0413Hhmmm… tidak ada niatan untuk bersombong atas keberhasilan.. karena dibilang berhasil jg masih jauh keknya… tapi setidaknya Alhamdulillah sudah dalam taraf yang berguna.. beuuh mo ngomong apa sih ini teh ???? !!!😀

Jadi gini… saya punya pengalaman selama berkecimpung di dunia per  AY TI an (IT-red), sistem informasi merupakan komponen utama keberhasilan suatu organisasi / perusahaan modern. Dengan IT daya saing perusahaan, kepercayaan customer dan investor akan semakin meningkat sehingga produktivita, efisiensi, dan keuntungan yang didapat akan semakin meningkat.

Eiiitsss … tunggu dulu… pada kenyataannya ternyata pada implementasinya sistem informasi ini malah menjadi bumerang bagi perusahaan yang gagal mengimplementasikan sistem informasi ini… dana yang dikeluarkan tidak sedikit akan tetapi hasil yang didapat tidak memuaskan dan mengecewakan sampai-sampai sistem ini tidak dipergunakan lagi, ditinggalkan dan kembali kepada pengelolaan secara manual.

Keberhasilan implementasi sistem informasi tidak hanya bergantung kepada sebagus dan secanggih apa sistem tersebut, bermerek ato tidak bermerek akan sama hasilnya jika sistem tersebut tidak bisa diimplementasikan dengan baik..hasilnya sama2… nol …

Lalu bagaimana sih caranya supaya sistem informasi tersebut tepat guna dan bermanfaat ??? Jawabnya simple … : semua komponen IT (Software, User, Management, Infrastruktur) harus bisa berjalan bersinergi dan berkesuaian antar satu sama lainnya saling mendukung keberhasilan implementasi Sistem Informasi tersebut.

Alhamdulillah salah satu perusahaan yang saya tangani (bersana tim)  telah mencapai titik yang membanggakan dimana sistem ERP dari hulu sampai hilir bisa berjalan dengan baik, membantu proses operasional sampai dengan laporan dan data pendukung keputusan manajemen bisa dihasilkan dengan cepat, tepat dan akurat. Bagaimana tips nya untuk bisa mewujudkan hal tersebut ??

  1. aplikasi dibangun sesuai kebutuhan
  2. sop dijalankan, dan evaluasi selalu pelaksanaannya dilapangan
  3. lakukan pembenahan oleh pihak2 terkait, dan komitment tuk maju bersama
  4. intervensi manajemen dalam implementasi IT sangat mutlak diperlukan
  5. kerjasama yang solid di intern tim IT untuk memberikan hasil yang optimal

segitu aja keknya tips singkatnya… ini sy tulis setelah ada salah seorang teman yang bertukar fikiran dan pengalaman dng saya di fesbuk.. lalu saya sharing disini dengan harapan bisa berguna setelah sekian lama absen dari per wordpressan dan mudah-mudahan ada komentar rekan2 pengunjung yang bisa lebih memperkaya tips2 untuk mewujudkan Sistem Informasi yang handal dan tepat guna.

NB : Jika Anda membutuhkan Sistem Informasi yang tepat guna sesuai kebutuhan operasional bisnis Anda, silahkan hubungi www.logic99store.com , merupakan tim IT yang berupaya memberikan solusi tepat guna untuk kemajuan Anda.

One thought on “Kerberhasilan Implementasi Sistem TI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s