Set MSSQL 2000 Linked Server ke MySQL

Beberapa hari ini saya dapet tugas mengeksplore aplikasi HRD tapi databasenya menggunakan mysql, … sementara ini aplikasi yang digunakan di tempat saya 90% (sebagian besar) menggunakan SQL Server 2000, nah kemudian ada permintaan untuk mengintegrasikan aplikasi HRD tersebut dengan aplikasi-aplikasi yang sudah ada. …. tenang..tenang … untungnya karena udah pernah nge-set Linked Server (walaupun belum nyoba untuk mysql), makanya saya gak terlalu kebingunan… Alhamdulillah..

So… untuk membuat saya tetap ingat, dan juga moga-moga bermanfaat untuk yang lainnya, step by step menge-set linked server ke mysql saya coba share disini :

Langkah-langkahnya :

  1. Install ODBC Driver 3.51 for MySQL
  2. Buat System DSN yg baru untuk koneksi ke database MySQL tersebut
  3. Masuk ke Enterprise Manager
  4. Browse folder Security –> Linked Server
  5. Klik Kanan folder Linked Server, lalu Create New Linked Server
  6. Pada provider string, isikan seperti ini  : Driver={MySQL ODBC 3.51 driver}; Server=<server>;Port=3306;Option=131072;Stmt=; Database=<database>;Uid=<Uid>;Pwd=<Pwd>
  7. Ganti <server> dengan ipadress server, <database> dengan nama databasenya, <Uid> dengan user name ke MySQL, <Pwd> dengan password ke MySQL
  8. Lalu klik Ok

Beres deh….

Sekarang coba query ke linked server tersebut, misal seperti ini :

SELECT * FROM OPENQUERY ([<nama linked server>], ‘SELECT * FROM <nama tabel pada server mysqlnya>’)

untuk query yg lainnya, coba cari sendiri yaa… kalo udh ketemu and mau berbagi.. please masukkan dalam komentar yang tersedia.

Semoga Bermanfaat ….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s