Billing System Rumah Sakit

Sebetulnya saya gak mempunyai cukup ilmu untuk membahas ini, akan tetapi memang sedikit banyak saya memiliki pengalaman implementasi dan developtment system billing di rumah sakit.

Apa sebetulnya billing rumah sakit itu ?? : seperti asal katanya, billing system adalah system yang berfungsi mengatur dan memproses semua tagihan yang berkaitan dengan item atau jasa yang dijual. dan khususnya di rumah sakit, item-item tersebut lebih khusus kepada obat2tan, dan juga tindakan-tindakan medis.

Lalu bagai mana prosesnya ??

Proses pada billing Rumah Sakit sebetulnya hampir sama pada semua proses billing yang ada seperti yang diuraikan diatas, namun hal yang membedakannya khususnya adalah pada alur systemnya / bisnis prosesnya.

sederhananya bisa dilihat pada gambar berikut :

Jadi, pada billing rumah sakit ini akan mencatat dan memproses semua kegiatan dan charge yang akan dikenakan terhadap pasien, mulai dari pendaftaran, tindakan di poliklinik, tindakan di penunjang (lab/rad,dll), pemberian dan pemakaian obat-obatan, dll.

Ada berapa jenis billing Rumah Sakit itu ??

Kalau menurut teori ilmiahnya seeh gak tau, tapi kalau menurut beberapa sistem yang pernah saya kembangkan, billing sistem RS itu ada 3 macam :

  1. Manual / Stand Alone Bill System, yaitu billing system yang tidak terintegrasi dengan sistem-sistem lainnya (aplikasi-aplikasi lain). Pada Billing System jenis ini semua tindakan di poliklinik dan penunjang dicatat secara manual, lalu diinputkan ke aplikasi oleh petugas billing, lalu tagihan / invoice bisa dicetak.
  2. Semi Integrated Bill System, yaitu billing system yang terintegrasi dengan sistem lainnya tetapi cuman sebagian, misal Pendaftaran –> Billing, atau Pendaftaran –> Penunjang –> Billing, dll.
  3. Fully Integrated Bill System, yaitu billing system yang terintegrasi dengan seluruh sistem rumah sakit (khususnya yang berkaitan dengan masalah keuangan). Pada billing system jenis ini semua proses yang menghasilkan charging ( berbiaya ) akan langsung tercatat di sistem, sehingga ketika pasien akan pulang, petugas billing tidak terlalu sibuk mengentry tindakan-tindakan / item-item yang di charge ke pasien dan dengan demikian waktu tunggu pasien akan semakin sebentar dan pelayanan bisa lebih memuaskan. Semua proses mulai dari pendaftaran, tindakan di poliklinik, penunjan, farmasi, dll akan langsung tercatat, bahkan back office (finance & akunting) akan memperoleh laporan dan data yang bisa dengan mudah dan cepat tersaji.

Tentunya bisa anda simpulkan sendiri mana yang lebih menguntungkan🙂 namun demikian pada implementasinya harus tetap memperhatikan bisnis proses dan kultur serta karakter dari tiap komponen yang mendukung terhadap sistem ini.

Saya bersama tim telah beberapa kali membuat dan mengimplementasikan Billing System untuk RS, dan secara globalnya biasanya disebut dengan SIMRS, karena sebetulnya pengelolaan rumah sakit itu tidak hanya secara finansial akan tetapi secara medikal juga harus tetap diperhatikan. Anda tertarik mengembangkan SIMRS, silahkan hubungi Saya🙂

Semoga membantu bagi yang ingin mengetahui billing system RS, tapi dengan ilmu saya yang terbatas tentunya apa yang disampaikan belum cukup, untuk itu kepada rekan-rekan lain yang ingin sharing.. saya persilahkan😉

15 thoughts on “Billing System Rumah Sakit

  1. Artikel yang bagus…sy jg Developer Billing RS..
    Integrasi dari semua inputan , dapat menghasilkan laporan yang kompleks , bisa digunakan sebagai chart yg dapat dipakai sebagai acuan dalam perbaikan management , terima kasih
    Salam Kenal

  2. terimakasi atas info tentang billing RS nya….
    seumpama saya juga mau membuat tapi menggunakan JSP, saya boleh nggak konfirmasi…😀 maksudnya saling tukar pendapat masalah billing RS ini…
    sebelum e terimakasi banyak….

  3. Kebetulan saya lagi ngembangin proyek Billing System RS. Tapi user requirmentnya malah kesana-kemari. Ada Sistem Manegement Rumah Sakit lah… sampai System Medical Record Kegiatan Rumah Sakit segala. Saya udah kwalahan dengan permintaan mereka.

    Sebenarnya batasan billinng system RS itu sampai dimana sih? (biar ada alasan ngotot sama maneger proyek) makasih

    • Di RSD Dr. HARYOTO Lumajang allhamdulillah udah jalan Boz Billing Systemnya, walaupun masih banyak sedikit kendala, terutama SDM, tapi untuk rawat Inap, Billingnya udah 99% jalan….

  4. Saya juga mengembangkan Billing RS di RSU Ngdi Waluyo Wlingi. Untuk Bill Rawat inap, rawat Jalan dan penunjang sudah jalan. Tinggal ke finance n accountingx.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s