Dokumentasi Database SQL Server dng MS Visio

Ketika seorang programer yang merangkap sebagai system analyst ditugaskan membuat suatu aplikasi terkadang jika cara kerja mereka tidak terstruktur (dalam artian tidak melakukan sepenuhnya step-step perancangan dan pembangunan suatu aplikasi) biasanya meraka langsung saja melakukan coding aplikasi tanpa terlebih dahulu men design dan mendokumentasikan database yg dirancang,….biasanya yang terjadi adalah “kelimpungan….” hehehe… yaitu kelimpungan jika yg bersangkutan pelupa,… ato resign.

So.. gimana caranya supaya cepat bisa terdokumentasikan???

Untungnya kita bisa menggunakan MS Visio untuk mendokumentasikannya dengan cara meng extract langsung dari database SQL Server kita. berikut caranya :

  1. Buka MS Visio
  2. Create New Dokumen “Database Model Diagram”
  3. Klik menu “Database” –> “Reverse Engineer..”
  4. Setting Visio Driver dan Data Source nya
  5. Masukkan password ke Sql Servernya
  6. Pilih database object yang akan didokumentasikan
  7. Klik Next, lalu pilih Object nya
  8. Klik Finish
  9. Lalu langkah terakhir adalah melengkapi relation ship antar object nya.

Udah deh…. selamat mencoba

5 thoughts on “Dokumentasi Database SQL Server dng MS Visio

  1. waktu saya configure kok ada error yah, errornya:

    sql server agent on ‘10.1.65.132’ currently uses the system account, which causes replication between servers to fail.

    fyi, ip tsb adalah ip dari server dmana mssql2000 tsb terinstall.

    thnx

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s