Orang Ceria Jarang Terserang Flu!

Salah satu penyakit yang selalu muncul di musim hujan adalah flu. Nah, untuk menghindarinya, ada tips mudah dan tak perlu mengeluarkan biaya sedikit pun, yakni selalu berpikir positif dan gembira. Sebuah studi terbaru menyebutkan bahwa berpikir positif dan hati yang selalu riang bisa meningkatkan kekebalan tubuh terhadap penyakit, terutama menjelang musim dingin. Hasil studi yang dipublikasikan dalam jurnal Psychosomatic Medicine tersebut berdasarkan riset mengenai penyakit flu.

Menurut tim peneliti, orang yang memiliki emosi positif bisa menangkis penyakit flu dan penyakit lain. Teori ini didukung oleh alasan objektif, yaitu kegembiraan meningkatkan fungsi kekebalan, serta alasan subjektif, yaitu orang yang selalu gembira jarang menggaruk tenggorokan atau hidungnya.

Seperti kita tahu, kuman atau virus mungkin saja berpindah saat kita menggaruk hidung. Dari 193 orang yang menjadi responden dalam penelitian ini, tim mengamati kepribadian, standar kesehatan dan kecenderungan emosi mereka. Mereka yang selalu gembira, energik, dan easy going, masuk dalam kelompok emosi positif. Sedangkan yang sering murung, mudah marah dan galak, masuk dalam kelompok emosi negatif. Kemudian, tim peneliti memberikan setetes cairan yang berisi semacam virus flu yang akan menyebabkan gejala flu. Seminggu kemudian, responden melaporkan mengalami gejala flu, seperti badan pegal dan bersin. Kemudian tim peneliti mengumpulkan data-data seperti produksi lendir hidung perhari. Dari situ diperoleh kesimpulan bahwa kelompok orang yang memiliki emosi positif, virus flunya tidak berkembang dan tak ada gejala flu yang parah. Sebaliknya, pada kelompok emosi negatif, virus flu memang tidak berkembang, tetapi mereka merasa sakit dan tidak bisa melakukan pekerjaan karena gejala-gejala flu yang dialami. Jadi, jika ingin terbebas dari flu, jadilah orang yang selalu gembira dan berpikiran positif. Yuuuk…

Best Regards’

Firman ;)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s