Gak Bisa Konek Ke Computer Lain Dalam Satu Jaringan

“Huuuh.. menyebalkan sekali yach.. kalau kompuer kerja di kantor kita gak bisa konek ke komputer lain… “

Itulah biasanya komentar orang-orang kantoran yang mengalami masalah dengan system jaringan computer mereka.., mengapa demikian? Bukankah computer itu bisa dipasang sendiri (Stand Alone)?? Mengapa harus konek ke jaringan???

Ya .. Iya Laaaah… soalnya hari gini rata-rata computer di kantor-kantor sudah di set untuk berkoneksi dengan computer lainnya. Alasannya, dengan menggunakan system jaringan (LAN, WAN ato bahkan Internet) akan lebih :
1. Efektif dalam pengelolaan data, misal : penyimpanan data bisa di pusatkan di file server, sehingga efisien dalam penggunaan penyimpan data (hard disk).

2.Efektif dan efisien dalam penggunaan resource tambahan, misal : printer, CD Rom / DVD Room, dll. Mengapa demikian??… karena eh karena… semua resource tadi bisa disimpan di satu computer, kemudian di sharing, untuk digunakan oleh computer lain yang terkoneksi kedalam jaringan.

3.Lebih menghemat dana, soalnya untuk setting yang lebih canggih lagi, kita bisa menggunakan thin client (computer client yang tidak memiliki hardisk) yang semua aplikasi yang dibutuhkan dijalankan dari aplikasi yang terinstall di server, untuk menjalankan system yang seperti ini bisa menggunakan fasilitas : Terminal Service nya windows, citrix metaframe, linux, dll.

4.Aplikasi-aplikasi, terutama aplikasi Sistim Informasi Manajemen, sangat memerlukan jaringan, karena biasanya menggunakan system client server.

5.Pokoknya banyak dech.. keuntungan-keuntungan menggunakan jaringan, … tambahin yach…!!!!

Tapi memang,.. ada kerugiannya juga, misal infeksi virus computer bisa meyebar ke cmputer lain,… tapi itu mah tinggal pinter-pinternya ita aja mengantisipsasinya, misal dengan cara selalu update antivirus. Pokoknya lebih banyak keutungannya daripada kerugiannya. Masa .. hari gini gak pake jaringan ????!!!!!!

Tapi masalah utama yang akan terasa, terutama jika kita sudah sangat tergantung jaringan, adalah tidak terkoneksinya computer kita kedalam jaringan. Tenang.. don’t’ panic.. coba deh lakukan langkah-langkah touble shout sebagai berikut :
1.Periksa kabel jaringan (kabel UTP) yang terpasang di computer, apakah jack (RJ 45) yang terpasang di computer membuat led indicatornya menyala (kelap-kelip), kalau masih menyala, berarti masalah pengkabelan tidak masalah.
2.langkah yang kedua, cek konfigurasi IP Address di computer :
pada task bar, klik tombol Start, lalu klik run
ketikkan “cmd”
lalu setelah muncul layer dos promt coba cek apakah computer terhubung dengan computer lain lewat computer name / ip addressnya misal : kita akan cek apakah komputernya terhubung dengan computer lain yang punya nama “server / 192.168.8.1”, ketikkan “ping server / ping 192.168.8.1”
Jika muncul response “reply from….” Berarti sebetulnya computer kita masih konek kedalam jaringan dan masalahnya jika ternyata kita tidak bisa browse file yang di sharing dari computer lain, ato tidak bisa print ke printer yang terpasang di computer lain adalah masalah firewall di win xp computer tersebut harus dimatikan, ato biasanya kita harus tau password dari computer tersebut (tidak harus password admin, tapi cukup password Guest / password yg memiliki akses terbatas untuk menjaga keamanan).
Jika muncul “request time out….” , berarti masalah ada pada konfigursi IP Address / TCP IP nya…. Solusinya … panggil Technical Support nya aja  hehehe… soalnya rada lumayan rumit…. Harus cek konfigurasi di windows… ato juga harus cek konfigurasi kabel dan switchnya.

Kesimpulannya : dengan menggunakan system jaringan akan lebih keuntungan yang dirasakan, tapi jika ada masalah dengan jaringan, lakukan dulu langkah-langkah di atas dan jika masih bermasalah hubungi aja technical supportnya.

Demikian artikel mengenai jaringan computer kali ini, moga bermanfaat, dan Isya 4JJI kita sambung lagi di artikel-artikel selanjutnya….

Jika butuh konsultasi mengenai jaringan, ato mau pasang jaringan computer,
Hub :
email : firman_arrow@yahoo.com

About these ads

14 thoughts on “Gak Bisa Konek Ke Computer Lain Dalam Satu Jaringan

  1. saya punya sediikit masalah dengan network di kantor saya. di kantor saya terkoneksi ke internet menggunakan IM2. jatah IP yang diberikan ada 5, namun komputer yang lain tetap terkoneksi dengan menggunakan IP lokal.

    biasanya saya menggunakan laptop untuk konek ke internet. namun ketika saya pindahkan kabel lan ke PC (dengan settingan IP, gateway dsb) yang sama, ternyata PC itu ga bisa konek ke internet. pas saya pindahkan ke laptop, eh jalan lagi internetnya. pas di pindah ke PC lagi, ga bisa lagi.. tolong solusinya dong… thanks..

  2. pertanyaan nya adalah : apakah PC itu konek langsung ke modem ato konek melalui pc yg lain??
    jika melalui pc yg lain berikut trouble shoutingnya …

    pertama-tama, pastikan lancardnya tidak bermasalah, coba ping ke komputer lain … jika RTO berarti bermasalah, kalau reply berarti gak masalah

    kedua, jika RTO berarti lancardnya bermasalah, ato coba aja di install dan configure ulang, jika Reply… pastikan settingan DNS dan gatewaynya sama dng yg di laptop

    harusnya kalau kedua langkah di atas sudah betul seeh gak ada masalah. kecuali jika PC tersebut konek ke inet nya langsung lwt modem, pastikan modem IM2 nya terinstall di PC dan sudah dikonfigurasi juga di PC nya.

    moga membantu yaa….

  3. Jaringan komputer saat ini untuk sebuah perusahaan merupakan sesuatu yang umum. Dari semua klien kami yang menggunakan jasa kami rental Komputer jangka pendek pun, misalnya untuk pelatihan software (biasanya dilaksanakan di sebuah hotel) hampir seluruhnya menggunakan sistem jaringan (LAN).

  4. Saya mencoba agar client bisa internet lewat server tapi gak bisa juga, tapi kalau di network cliet ke baca server begitu juga sebaliknya. bagaimana caranya agar masalah ini bisa ?

  5. help me plaese bagaimana kalau satu komputer dalam jaringan tidak mau share data atau tidak mau diakses tapi kamputer ini dapat akses dari komputer lain dan komputer ini telah dinonaktifkan firewall nya

  6. saya punya masalah dengan jaringan saya, untuk baca komputer dalam satu jaringan, tapi kalau buat internet bisa semua itu permasalahanya di mana yach?

    • Sama kemaren2 sy pake win7 ternyata ada kesulitan sharing walau cara sharingnya sbtulnya mudah.. Wayout nya sy pake homogroup sharing di win 7 nya. Moga membantu
      Sent from my BlackBerry®
      powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s